Ana

Rabu, 17 Juni 2015

Musik Instrumental Lebih Inspiratif


            Saya cukup suka mendengarkan musik. Kadang-kadang musik yang saya dengarkan adalah instrumental, musik tanpa lirik. Jenis musik seperti ini biasanya saya dengarkan di malam hari, pada saat menjelang tidur.
            Lirik selalu memberi pengaruh bagi saya. Liriklah yang menceritakan kisah sebuah lagu. Lirik adalah nyawa sebuah lagu. Lagu berlirik sedih, maka musiknya pun akan terdengar sedih. Lirik gembira akan terdengar gembira. Padahal, nada-nada yang sama itu bisa dimainkan untuk lagu sedih ataupun gembira. Liriklah yang member identitas pada alunan musik itu.
            Dengan adanya lirik, pendengar jadi terfokus pada cerita yang dibawakan di lirik itu. Ada cerita yang lugas dapat ditangkap, ada pula yang kiasan seperti dalam puisi. Masing-masing orang yang mendengarkan akan sibuk dengan pikirannya masing-masing yang terpengaruh oleh lirik. Itu sebabnya lirik menempati urutan prioritas sangat penting pada lagu-lagu yang dibawakan di gereja. Lirik akan member pengaruh pada orang yang mendengarkannya.
            Karena sadar kalau lirik member pengaruh pada saya, maka saya pun cukup hati-hati mendengar lagu yang liriknya tidak sesuai dengan tujuan hidup saya. Kadang-kadang saya mengganti saluran radio karena menyiarkan lagu yang liriknya enggak banget bagi saya. Itu tetap saya lakukan walaupun musiknya terdengar menarik. Daripada liriknya mempengaruhi cara berpikir saya, lebih baik enggak usah didengarkan sama sekali.
            Saat mendengarkan musik tanpa lirik, imajinasi saya berkeliaran ke mana-mana. Kadang-kadang saya membuat lirik saya sendiri. Atau membuat suasana sendiri dengan musik yang saya dengarkan itu. Nah, yang seperti ini agak susah terjadi ketika sebuah lagu ada liriknya.
            Saya suka mendengarkan musik instrumental piano dan aalt musik petik seperti gitar dan sape. Bunyi alat-alat musik ini betul-betul membuat imajinasi saya berkeliaran ke mana-mana. Kadang-kadang idenya saya buat menjadi tulisan. Namun banyak yang beterbangan bebas dan enggak jadi apa-apa.
Saya sangat bersyukur dengan teknologi saat ini yang memungkinkan saya dapat mendengar musik kapan saja dan di mana saja. Musik sangat membantu saya menjernihkan pikiran setelah seharian mendengarkan polusi suara. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini