Ana

Jumat, 05 Juni 2015

Blog dan Website Anak Kecil




            Saya adalah orang yang turut bertanggung jawab di rubrik khusus cerita pada sebuah media anak online. Setelah karya anak-anak itu diterbitkan, anak-anak lain bisa memberikan komentar di bawahnya.
            Komentar anak-anak itu, tidak selalu berupa komentar atas karya tersebut. Banyak juga yang malah berkenalan, bahkan ngobrol. Kolom komentar jadi semacam tempat chating gitu, deh. Saya juga harus mengawasi obrolan mereka ini. Kalau ada yang melewati batas, maka harus dihapus.
            Dari beberapa komentar itu, ada yang memberikan tautan website atau blog. Saya membuka beberapa di antaranya. Selain ingin tahu, sekalian jaga-jaga, mungkin saja tautan itu mengarah kepada konten yang tidak pantas untuk anak-anak.
            Dari beberapa tautan yang saya buka, ternyata isinya benar-benar blog. Ada blog yang didominasi warna pink centil, ada juga yang anak-anak banget. Isi blognya, seperti juga blog saya,  kebanyakan adalah keseharian mereka.
            Saya cukup kagum dengan kekinian mereka. Anak-anak usia SD itu sudah bisa memahami dan menggunakan teknologinya. Teknologi itu dengan mudah pula dapat diapahmi oleh anak-anak lainnya. Itu bisa terlihat dari beberapa pertanyaan dan tutorial yang mereka berikan di blog itu.
            Anak-anak sekarang, yanglahir di saat internet sudah digunakan dengan bebas, memang memiliki kecanggihan tersendiri. Mereka dapat memahami teknologi internet dengan baik. Orang tuanya malah yang agak gagap teknologi alias gaptek.
            Kekaguman saya juga disertai dengan harapan semoga anak-anak ini dapat memberi pengaruhbaik pada lingkungannya. Saat ini, tidak hanya pada lingkungan di sekitar tempat dia berada, tetapi juga di seluruh dunia dengan world web wide di depan website-nya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini