Ana

Senin, 11 Mei 2015

Taman Burung di TMII




            Taman Burung TMII adalah bagian dari TMII yang cukup menarik. Taman seluas 6 hektar ini terletak di bagian belakang TMII. Yang menjadi ciri khasnya adalah kubah transparan yang menjadi bagian dari taman ini.
            Kubah itu adalah pembatas supaya burung-burung penghuni taman tidak keluar. Hmm…  Kira-kira semacam kandang raksasa. Kebanyakan penghuni yang memiliki sayap dan bisa terbang itu tinggal di dalam kandang ini.
            Burung-burung yang menghuni taman ini dibagi per wilayah dan persebarannya di Indonesia. Ada kubah yang mewakili Indonesia bagian barat, ada juga yang mewakili Indonesia bagian timur. Di kubah barat, kita akan bertemu burung-burung yang berasal dari Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali. Di kubah timur, kita akan menemukan burung-burung berwarna menarik dari Sulawesi, Maluku dan Papua. Pembagian bagian ini mengikuti wilayah yang dipisahkan oleh garis Wallace.
Ada burung yang menghuni kandang terkunci, namun banyak pula yang berkeliaran bebas dan bisa berinteraksi dengan pengunjung yang datang. Ada yang terbirit-birit pergi ketika didekati, ada juga yang cuek aja ketika orang-orang sekelilingnya seibuk berfoto selfie.
Dari sumber resmi yang saya baca, taman burung di TMII ini memiliki koleksi burung terbanyak di Indonesia. Beberapa di antaranya ada yang sudah terancam punah. Orang-orang di taman ini juga berhasil membiakkan beberapa burung langka. Wah, mudah-mudahan usaha mereka berhasil sehingga burung-burung kekayaan Indonesia.
Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas karantina dan perawatan bagi burung-burung yang sakit dan perlu perhatian khusus. Fasilitas karantina ini berupa kandang dan bangunan yang terpisah dari kubah.
Ketika memasuki taman ini, ada jalan setapak yang bisa kita lewati. Pohon-pohon rindang yang menjadi tempat hinggap burung membuat taman ini sejuk. Ada juga beberapa tempat duduk dan pendopo untuk mampir sejenak. Tempat duduk ini sepertinya dibuat untuk mengamati penghuni taman yang bisa bergerak itu. Namun, ada juga yang menggunakan tempat-tempat duduk ini untuk pacaran.
Ada banyak sekali foto dan tulisan yang saya hasilkan ketika berkunjung ke sini. Foto-fotonya bisa dilihat di tautan ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini