Ana

Sabtu, 23 Mei 2015

Dirgahayu Kalteng: Sarjana Kecil




            Foto ini menarik perhatian saya. Anak-anak memang selalu menarik perhatian saya. Ada 3 orang anak kecil di foto ini. Dua di antaranya mengenakan topi sarjana, tanda lulus sarjana. Ekspresi mereka berbeda. Anak perempuan yang paling besar terlihat seperti dipaksa. Anak laki-laki sebelah kanan terlihat senang dan “menjiwai”. Anak paling kecil yang ada di tengah menjadi semacam pelengkap. Kalau ada 1 topi lagi, mungkin anak kecil yang di tengah ini juga bertopi.
            Foto ini mungkin diambil dengan maksud untuk bergaya saja. Namun di mata saya, itu adalah sebentuk doa dari provinsi yang baru saja dibentuk, Kalimantan Tengah. Anak-anak kecil ini pasti diharapkan untuk menjadi sarjana ketika tumbuh dewasa. Entahlah apakah hal itu menjadi kenyataan.
            Saya belum mencari tahu siapa sajakah anak-anak yang di foto ini. Anak-anak kecil yang menjadi model di foto ini kemungkinan sekarang sudah beranjak tua. Mungkin ada yang sudah menjadi kakek dan nenek. Atau, mungkin juga sudah meninggal dunia.
            Saya termasuk orang yang percaya kalau pendidikan yang baik akan mengubah kehidupan orang tersebut menjadi lebih baik. Mungkin, almarhum kakek saya, yang saya duga adalah fotografer dari foto ini, juga memiliki harapan yang sama. Topi-topi sarjana yang dikenakan anak-anak kecil ini adalah lambang dari harapannya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini