Ana

Rabu, 22 April 2015

Mobil Listrik yang Bisa Dicharge




            Suatu kali saya menonton TV tentang inovasi. Acara ini menampilkan mobil yang bertenaga listrik. Mobil itu adalah hasil penelitian sebuah sekolah tinggi di Surabaya, tepatnya Institut 10 November Surabaya yang dikenal juga dengan nama ITS.
Mobil berwarna merah ini sangat menarik perhatian saya. Selain karena warnanya yang merah menyala, mobil ini juga memiliki potensi cukup besar untuk mengurangi polusi udara di dunia. Sumber tenaganya yang dari listrik, tidak menghasilkan asap yang mencemari udara. Listriknya pun bisa didapatkan dari colokan biasa. Bisa dikatakan seperti gadget yang mewabah saat ini, deh.
Pada acara itu, yang saya tidak ingat ditayangkan di TV mana, diperagakan juga cara menjalankan mobil itu. Caranya hampir mirip seperti mobil biasa. Ada tahap memutar kunci starter, memasukkan gigi persneling, dan juga menekan pedal gas. Bagi orang yang sudah bisa menyetir mobil, mengemudikan mobil ini bukanlah hal yang sulit-sulit amat.
Pada acara TV tersebut juga diperagakan cara mengisi daya mobil tersebut, yaitu dengan mencolokkannya ke sumber listrik. Cukup praktis. Biaya bahan bakar dan energi menjadi tagihan listrik di rumah. Selain itu, konon kabarnya kan dibuat juga stasiun pengisian bahan bakar yang bisa digunakan di jalan.
Teknologi saat ini baru bisa membuat mobil dengan tenaga listrik yang bisa bertahan selama sekitar 1 jam. Daya segitu doang sih memang enggak cukup kalau digunakan di kota besar seperti Jakarta. Perjalanan pergi bekerja bagi orang Jakarta umumnya lebih dari 1 jam. Mobil listrik seperti ini perlu pengembangan lebih lanjut supaya bisa laku di pasaran.
Sampai berakhirnya acara itu, tidak disebutkan mobil ini sudah terjual berapa banyak dan siapa saja yang sudah membelinya. Mungkin mobil ini memang belum diperjualbelikan. Atau memang mobil ini belum dikomersilkan ke luar kampus. Semoga saja hasil penelitian kampus bisa diterima juga di luar kampus. Tidak hanya menjadi penelitian yang dianggap menghabiskan uang.  Kalau mobil seperti ini mulai dipasarkan, mungkin saya menjadi salah satu pembelinya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini