Ana

Sabtu, 04 April 2015

Bocah Suriah yang Angkat Tangan





            Ketika sedang mencari-cari informasi di internet, perhatian saya tertarik pada foto seorang bocah kecil yang lucu. Bocah itu berpipi tembem nyempluk, rambutnya model poni. Wajahnya menampilkan ekspresi nyimbi-nyimbi (menjelang menangis). Bocah lucu ini mengangkat kedua tangannya. Umurnya pasti tidak lebih dari 5 tahun. Lucu dan menggemaskan.
            Ketika membaca artikel yang menjadi pelengkap foto itu, ternyata ceritanya sama sekali tidak lucu. Bocah kecil yang lucu itu ternyata mengangkat tangannya karena mengira kamera yang “ditodongkan” padanya adalah senjata. Wajah nyimbi-nyimbinya itu ternyata karena ketakutan. Saya langsung melihat dan memperhatikan kembali wajah si bocah imut ketika membaca ceritanya.
            Pada artikel itu dituliskan pula tentang keraguan benarnya cerita itu karena sumbernya tidak jelas. Bocah itu belum tentu berada di Suriah. Bocah itu belum tentu ketakutan karena melihat kamera. Bocah itu juga belum tentu menganggap kamera itu adalah senjata.
Terlepas dari benar tidaknya berita itu, saya tetap merasa tersentuh. Apabila ternyata benar anak itu ketakutan melihat kamera sampai mengangkat tangan tanda menyerah, wah, betapa menyedihkannya dunia. Apakah  dunia sekarang sudah begitu tidak aman terhadap anak-anak kecil? {ST}

Popular Posts

Isi blog ini