Ana

Senin, 20 April 2015

Bisnis Online dan Jasa Pengiriman




            Bisnis online sekarang makin berkembang. Aneka situs belanja online bermunculan. Cara belanja ini memang sesuai dengan gaya hidup masa kini yang makin tergantung pada gadget alias gawai. Saya juga termasuk orang yang bersyukur dengan banyaknya penjualan online. Membeli bisa dari mana saja.
            Pembelian online ini juga memberi rezeki bagi jasa pengiriman barang. Umumnya barang yang dibeli secara online akan dikirimkan lewat jasa pengiriman barang. Pengiriman ini ada yang memerlukan wakatu berhari-hari, ada juga yang hanya dalam hitungan jam. Untuk penjualan makanan, biasanya akan diantar dalam hitungan jam.
            Beberapa waktu yang lalu, saya juga pernah ikut berperan dalam bisnis online ini sebagai penjual. Bisnis yang sebenarnya cukup menggiurkan itu tidak saya lanjutkan karena keterbatasan waktu dan supply barang. Untuk mengantarkan barang, saya menggunakan jasa pengiriman ternama dan kurir langganan.
Untuk barang-barang berukuran besar dan berlokasi di kota yang sama, biasanya saya akan meminta jasa kurir. Uang jasa yang diminta tidak lebih mahal dibandingkan dengan jasa pengiriman barang yang sudah terkenal. Masih ada nilai tambahnya lagi. Dengan kurir, kita bisa mendapatkan tanda terima dan laporan situasi kondisi ketika penerimaan barang. Misalnya saja barang diterima saat hujan lebat. Ketika itu mungkin kemasannya akan terkena hujan dan terkesan kusut. Keterangan seperti itu bisa memberi penjelasan tambahan kalau pembeli menanyakan kondisi kemasannya yang tidak mulus.
Beberapa teman saya yang pernah bekerja di dunia retail, sekarang cukup banyak yang beralih menjadi pekerja di retail online. Kabarnya pekerjaannya hampir mirip-mirip saja sama yang dulu, mengelola omset dan penyediaan barang. Saya bahkan juga pernah ditawari untuk bekerja di salah satu perusahaan retail online ini.
Saya menyambut gembira berkembangnya bisnis online ini. Saya melihat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan banyak orang. Sepertinya saya tidak akan diam saja melihat peluang itu berkeliaran di depan mata saya. Ada saatnya saya akan kembali menceburkan diri ke dunia bisnis online. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini