Ana

Jumat, 24 April 2015

Belajar Network Marketing




            Saat ini saya sedang belajar bisnis baru, network marketing. Dari namanya, tentu saja diperlukan network atau jaringan untuk melakukan bisnis ini. Intinya, basis konsumen dibangun berdasar jumlah jaringan yang kita miliki. Jaringan yang kita miliki akan menduplikasi yang sudah dilakukan oleh pendahulunya. Dengan cara ini, jaringan akan makin berkembang dan menjadi basis konsumennya.
            Dulunya, saya agak anti dengan bisnis yang seperti ini. Bisnis yang juga sering disebut dengan multi level marketing selalu datang dalam keadaan yang tidak menyenangkan dan menyebalkan dalam hidup saya. Hmmm… Sebenarnya bukan bisnisnya juga, sih. Mungkin lebih tepatnya orang-orang dan barangnya. Yang lalu-lalu selalu menyebalkan dan ujung-ujungnya tidak menghasilkan.
            Bisnis yang baru saya pelajari ini agak berbeda. Ada sistem yang mendukung untuk mengembangkan bisnisnya. Menurut saya sistem ini bagus. Sistem ini memberikan pembelajaran. Jadi seperti kuliah bisnis jarak jauh gitu, deh. Dan yang lebih menarik, bisnis ini bisa dilakukan paruh waktu dari mana saja. Saya juga tidak perlu investasi cukup besar untuk pengadaan barang dan orang yang membantu mengerjakan bisnisnya.
            Saat ini, saya baru serius menjalaninya selama 3 bulan. Selama itu, belum ada hasil yang memuaskan yang dihasilkan dari bisnis ini. Maklum, masih dalam tahap awal. Saya juga menemui banyak kendala, terutama justru dengan diri saya sendiri yang agak introvert ini. Rasanya masih agak-agak segan untuk memulai membicarakan bisnis dengan orang yang selama ini hanya berteman. Tak heran orang yang saya ajak adalah orang-orang yang memang sudah mengenal bisnis. Saya mengajak teman-teman saya dari dunia retail.
            Saat ini, saya masih belum bisa berbagi banyak hal tentang bisnis ini. Apa yang saya ketahui sebagian besar berasal dari buku dan pengalaman orang lain. Pengalaman saya sendiri baru menghasilkan profit beberapa ratus ribu. Suatu saat nanti, kalau saya sudah bisa mewujudkan impian saya melalui bisnis ini, saya akan membagikannya di blog ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini