Ana

Selasa, 24 Maret 2015

Tidak Ingat Kapan Eyang Meninggal




            Eyang, ibu dari ibu saya, sudah meninggal pada tahun 1998. Saya, cucu yang pernah menumpang tinggal di rumahnya, sangat sedih dan terguncang atas kepergiannya itu. Namun, anehnya, saya tidak bisa mengingat kapan dia meninggal. Hmm…mungkin tepatnya tidak mau.
            Eyang meninggal di bulan Maret. Hanya itu yang ingin saya ingat. Saya baru sadar kalau saya tidak mau mengingat peristiwa ini ketika ada yang menanyakan sudah berapa tahun Eyang meninggal. Saya tidak bisa menjawab secara langsung. Saya harus menghitungnya dulu. Saya memang tidak mau mengingatnya lagi, entah secara sadar ataupun tidak sadar.
            Walaupun merasa sangat kehilangan dan sedih. Eyang sebenarnya masih hidup dalam pikiran saya, dalam kenangan saya. Itu sebabnya saya tidak mau menggunakan waktu dan tenaga saya untuk menghitung sudah berapa lama Eyang pergi dari dunia ini.
Ketika saya menulis catatan ini, saya tergoda untuk melihat kembali atau mencari tahu kapan sebenarnya Eyang meninggal dan sudah berapa lama kejadian itu terjadi. Namun, saya tidak melakukannya. Biar sajalah saya tetap tidak tahu dan tetap mengenang Eyang sebagai orang yang hidup. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini