Ana

Minggu, 01 Maret 2015

Budaya Baca di Jepang




            Budaya baca di Jepang adalah salah satu hal yang saya kagumi. Konon kabarnya, penduduk negeri ini membaca hampir di mana saja. Membaca membuat pengetahuan mereka lebih berkembang. Hasilnya, banyak inovasi yang dihasilkan oleh penduduk negeri ini.
            Kalau dipikir-pikir, negara tempat saya emnjadi warganya ini bisa menjadi lebih unggul. Walaupun pernah dijajah dan dijarah habis-habisan, bangsa kami mendapatkan kemerdekaannya melalui kemenangan, bukan hancur luluh lantak oleh bom atom.
            Budaya membaca di Jepang itu semakin dipupuk dengan adanya perpustakaan yang lengkap dan canggih. Mengunjungi perpustakaana dalah hal yang biasa dan cukup bergaya di sana. Kalau di sini, seperti kongkow di mall gitu, deh. Budaya membaca juga diwajibkan di sekolah dengan mewajibkan semua murid membaca sebelum pelajaran dimulai. Budaya membaca, yang semula dipaksakan itu, sekarang sudah berlangsung puluhan tahun. Bangsa Jepang tinggal memetik buah dari kebiasaan ini.
            Agak berbeda dengan di Indonesia, orang yang suka membaca sering dijadikan bahan ledekan. Kutu buku adalah julukan yang melekat pada orang yang kemana-mana membawa buku. Saya adalah salah satu orang yang sering diledek sebagai kutu buku. Saya, sih, tidak terlalu mempersoalkan julukan ini. Kegemaran saya membaca lebih banyak gunanya dibandingkan dengan sakit hari karena julukan yang tanpa makna.
            Sampai sekarang, saya masih tetap setia kampanye supaya lebih banyak lagi orang yang gemar membaca. Saya memasuki dunia media dengan tulisan untuk dibaca sebagai produknya. Saya juga sering ikut dalam kegiatan yang menggalakkan baca membaca. Saya juga menjadi penjaga perpustakaan dan sedang berusaha mengalihkan asetnya ke dalam bentuk digital.
Sesuatu yang sanagt saya syukuri adalah anak-anak kecil yang saya kenal kebanyakan suka membaca. Mereka membaca dan mengingat apa yang tertulis di dalamnya. Bukankah itu sesuatu yang keren? Semoga ke depannya anak-anak bangsa kita bisa menghasilkan inovasi yang enggak kalah sama Jepang. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini