Ana

Jumat, 13 Februari 2015

Ketika Mencari Info Kebaya di Mesin Pencari




            Sebagai seorang penulis artikel, saya sering mencari bahan-bahan di internet. Saya sanagt terbantu dengan adanya mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Ask. Saya paling sering menggunakan Google. Hasil pencariannya biasanya jauh lebih banyak dan cukup mendekati apa yang saya cari.
            Suatu kali, saya mau menulis tentang kebaya encim. Tulisan ini rencananya akan diterbitkan mendekati tahun baru Imlek. Selain melihat fashion show dan mewawancarai perancangnya, saya mencari informasi tentang kebaya ini di mesin pencari.
            Ketika halaman pertama muncul, hampir semuanya adalah info jualan kebaya. Saya harus menjelajah ke halaman-halaman berikutnya untuk mendapatkan informasi lebih, terutama kebaya encim.
            Mesin pencari tidak bisa disalahkan tentang hal ini. Mesin itu dibuat untuk menampilkan hal-hal yang paling sering dicari dan ditemukan oleh penggunanya. Itu masih ditambah pula dengan pengguna yang memanfaatkan mesin pencari untuk mencari keuntungan. Tak heran kalau halaman depannya isinya jualan semua.
            Untuk urusan kebaya encim, akhirnya saya kembali ke studi pustaka. Saya ke perpustakaan dan mencari buku yang sesuai. Bahan puntaka yang ada di buku, jauh lebih lengkap dan berguna dibandingkan dengan yang ada di halaman depan mesin pencari itu. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini