Ana

Jumat, 27 Februari 2015

Ketika Ada yang Pacaran di Perpustakaan




            Saya cukup sering berkunjung ke perpustakaan. Tempat ini, selain tempat untuk membaca, juga sebagai tempat untuk menyepi dan membuat tulisan. Suasana tenangnya membuat saya lebih mudah berkonsentrasi dan menyelesaikan tulisan yang idenya berkeliaran di kepala saya.
            Ketenangan itu kadang-kadang terganggu oleh beberapa orang yang ngobrol. Yang paling mengganggu kalau ada yang pacaran. Anak-anak berderagam sekolah sering terlihat berpasangan saat di perpustakaan. Dari keakrabannya, terlihat mereka sedang berpacaran. Itu juga yang saya temui ketika saya menulis catatan ini.
            Saat ini, di depan saya ada sepasang mudamudi yang sedang berduaan. Mereka ngobrol sambil berbisik-bisik. Sang perempuan, yang mengenakan kerudung itu, sesekali merebahkan kepalanya ke bahu cowok cungkring di sebelahnya. Yang membuat saya merasa terganggu sebenarnya bukan bagian bersandar di bahunya, tetapi karena suara berisiknya. Rupanya si cewek sedang ngambek dan berbicara menye-menye. Terdengar sangat mengganggu di telinga. Apalagi kalau suara itu terdengar di perpustakaan yang seharusnya hening.
            Berkali-kali saya memandang tak senang pada sepasang manusia itu. Bocah yang ngambek sempat menatap saya dengan ngeri. Tatapan tak senang juga dilemparkan oleh penghuni meja lainnya. Orang-orang yang sedang menatap layar laptop juga sesekali mengangkat kepala dan melihat ke pasangan itu. Hanya seorang bapak paruh baya yang cuek aja. Bapak ini tetap menekuni katalog yang diambilnya dari lemari dan terlihat tidak terganggu dengan yang terjadi di sekitarnya.
            Saya yang merasa agak terganggu sampai berniat mendesiskan “Sssttt” sebagai isyarat supaya menjaga ketenangan. Saya juga bahkan berniat mau melaporkannya ke penjaga perpustakaan. Tapi niat itu tidak jadi saya laksanakan ketika melihat bapak separuh baya yang terlihat tenang itu. Saya mencoba mengikuti jejaknya dengan mengabaikan pasangan yang pacaran itu dengan membuat catatan ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini