Ana

Senin, 23 Februari 2015

Digigit Kutu Kasur




            Gigitan kutu kasur sudah lama tidak saya rasakan. Saya harus bersyukur memiliki tempat tinggal dan tempat tidur yang bersih, yang bebas dari kutu kasur. Kutu kasur, tidak memiliki tempat di rumah kami.

            Suatu kali, saya menginguti acara retreat di daerah Cisarua. Kami menginap di villa yang sepertinya memang diperuntukkan untuk kegiatan seperti itu. Selain kamar-kamar yang berada di dalam bangunan rumah, ada juga juga kamar-kamar yang berada di dalam bangunan besar seperti bangsal. Di dalam setiap kamar tidur ini ada 5 – 12 tempat tidur berderet-deret.

            Saya kebagian untuk menginap di kamar bangsal. Dalam kamar kami ada 5 tempat tidur. Saya kebagian di sebelah tengah. Di samping kiri kanan saya ada teman-teman yang lain. Kebetulan saat itu hanya ada 3 orang yang menginap di kamar itu. Jadi, bagian tengahnya cukup lega.

            Malam itu, saya tidur menghadap kanan. Sepertinya adalah posisi ternyaman saat itu. Dengan posisi agak meringkuk karena kedinginan, saya mulai menjelajah alam mimpi. Posisi miring ke kanan ini ternyata awet sampai esok paginya. Ketika bangun di pagi hari, saya masih meringkuk menghadap ke kanan.

            Tak disangka, bagian badan sebelah kanan saya terasa gatal. Mulai dari pinggang, paha, dan kaki, terasa gatal yang menggigit. Saya yang mengenakan pakaian tertutup untuk menahan dingin hanya bisa menggaruk-garuknya. Ketika saya mengamati bagian yang gatal itu, terlihat bengkak dan berwarna merah. Bengkaknya terlihat seperti gigitan nyamuk, tapi rasanya seperti gigitan semut.

            Teman-teman saya mengatakan kalau itu adalah ulah kutu kasur. Kasur yang lembab dan jarang digunakan memang sering menjadi tempat tinggal para kutu kasur. Kutu kasur sangat kecil dan kadang-kadang tidak terlihat. Kali ini, saya pun tidak bisa melihat kutu kasur itu. Namun saya dapat merasakan perbuatan pasukan kutu kasur itu. Kaki saya bengkak-bengkak berwarna merah dan terasa sangat gatal. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini