Ana

Minggu, 15 Februari 2015

Bukit Batu di Katingan, Kalimantan Tengah




            Bukit Batu adalah salah satu daerah wisata di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Bagi penduduk sekitarnya, orang Dayak Ngaju di tepian Sungai Katingan, Bukit Batu dianggap sebagai tempat keramat. Bukit Batu juga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga kami yang memiliki leluhur dari tepian Sungai Katingan.
         Seperti namanya, bukit ini terdiri dari batu. Tepatnya batu-batu berukuran besar yang tersusun tak beraturan. Pemandangan di tempat ini sekilas mirip dengan pemandangan batu-batu besar yang sangat terkenal di Belitong.  Ada juga yang mengatakannya mirip Stonehenge. Kalau menurut saya, sih, batu-batuan di Belitong dan Stonehenge itu yang mirip Bukit Batu. Mungkin karena Bukit Batu adalah tumpukan batu-batu besar yang pertama kali saya lihat selama hidup. Karena itulah, setiap melihat tumpukan batu besar, saya langsung teringat pada Bukit Batu.
            Yang membuat Bukit Batu di Katingan ini menarik karena tidak ada gunung berapi di sekitar tempat ini. Kalimantan adalah tanah yang relatif datar. Pegunungan hanya ada di daerah yang sudah mendekati perbatasan dengan negara tetangga. Itu membuat asal muasal batu-batu besar di Bukit Batu makin misterius. Penduduk setempat memiliki kisahnya sendiri untuk asal muasal Bukit Batu. Kisah itu bisa dibaca di sini.

            Bukit Batu di Katingan ini juga dikenal sebagai Pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut. Tempat ini memang menjadi tempat bermain bagi Tjilik Riwut sejak kecil. Tempat ini pula yang menjadi teman baiknya ketika menjelang dewasa. Bukit Batu adalah tempatnya menyepi dan mendapatkan pencerahan sehingga bisa mengambil keputusan besar dalam hidupnya.

             Tempat ini selalu kami kunjungi ketika sedang berada di Kalimantan Tengah. Bagi kami, berkunjung ke tempat ini adalah ziarah. Saya menyempatkan diri untuk memotret Bukit Batu ketika terakhir kali berkunjung ke tempat ini. Foto-fotonya bisa dilihat di sini. {ST}


Baca juga: 

Popular Posts

Isi blog ini