Ana

Senin, 12 Januari 2015

Rumah Masa Kecil yang Jadi Restoran




            Rumah masa kecil kami di Palangkaraya saat ini telah menjadi restoran. Restoran ini dikelola oleh keluarga besar kami bekerja sama dengan beberapa investor. Rumah ini juga menjadi galeri untuk menjaga beberapa barang peninggalan kakek kami.
            Pada kesempatan mudik akhir tahun 2014 yang lalu, saya baru pertama kalinya datang ke restoran yang dulunya tempat tinggal saya itu. Walaupun sudah banyak mendengar cerita suka duka pengelolaannya, saya belum pernah sekali punke restoran ini. Terakhir berkunjung ke sana, rumah ini masih dalam tahap persiapan untuk dijadikan tempat usaha.
            Ketika menginjakkan kaki di teras rumah ini, saya langsung mengenal teras berbentuk setengah lingkaran itu. Teras itu adalah salah satu tempat bermain saya ketika kecil. Saat ini, teras itu tidak lagi memiliki jendela, tapi bentuk dasarnya yang setengah lingkaran masih tetap sama.
            Memasuki ruang yang dulunya ruang tamu, rasanya juga terasa sangat berbeda. Ruang ini fungsinya masih sama seperti yang dulu, ruang penyambutan tamu. Hanya ada 1 set meja di ruang paling depan ini.
            Yang paling menyentuh kenangan adalah ruangan yang dulunya menjadi kamar saya. Ruang ini sekarang menjadi ruang kasir dan ruang minuman. Ada yang bilang, itu adalah bar. Buat saya, sih, ruang itu adalah mantan kamar saya. Jendela yang dulunya menjadi tempat saya mengintip orang yang datang masih dipertahankan bentuknya. Yang berbeda adalah kaca-kaca nako yang sekarang tidak ada lagi. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini