Ana

Selasa, 20 Januari 2015

Calon Kapolri Tersangka Korupsi




            Salah satu yang menjadi perbincangan hangat di minggu ini adalah calon Kapolri yang baru, Budi Gunawan. Pak Budi Gunawan adalah orang yang dicurigai memiliki rekening gendut. KPK pun akhirnya menetapkan bapak polisi berkumis ini menjadi tersangka.
            Calon Kapolri dipilih oleh presiden. Kali ini, Presiden Jokowi memilih Budi Gunawan yang pernah menjadi ajudan Presiden Megawati itu. Pilihan hanya ada 1 orang ini. Pilihan itulah yang kemudian disampaikan ke DPR, dewan perwakilan rakyat yang gemar bertengkar itu.
            Pemilihan 1 calon yang kemudian menjadi tersangka membuat banyak prasangka di masyarakat. Prasangka yang paling banyak dianut adalah orang ini titipan dari partai di mana presiden kita menjadi salah satu kadernya. Titipan ini sepertinya tidak bisa ditolak. Maka itulah yang kemudian disampaikan oleh Pak Presiden berbadan kurus itu.
            Saya sendiri juga mempertanyakan pilihan Pak Presiden itu. Rasanya agak mengusik nurani kalau ada penegak hukum yang menjadi tersangka pelaku tindak kriminal. Walaupun belum terbukti bersalah demi asas praduga tak bersalah, namun tetap saja kepercayaan menjadi berkurang.
            Dari obrolan dengan mas-mas pengamat politik amatiran, ada pendapat lain. Mungkin saja Pak Presiden memang ditekan oleh partainya sehingga tidak bisa menolak pilihan itu. Namun, ini juga sebagai langkah pintar supaya tindakan kriminalnya terungkap. Dengan status tersangka yang ditetapkan oleh KPK, dapat mudah diduga kalau dia terlibat dalam tindakan korupsi. Pengumuman tersangka oleh KPK akan menghasilkan penolakan dari masyarakat. Dengan demikian, presiden kita sebagai presiden yang dipilih oleh rakyat bila menolak calon titipan ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini