Ana

Jumat, 16 Januari 2015

Abang Angkot yang Jujur




            Hari Kamis, 15 Januari 2015, saya menyempatkan diri untuk mengurus perpanjang SIM. SIM A yang saya miliki ternyata sudah lama lewat waktu berlakunya. Saya tidak menyadarinya karena memang tidak rutin mengecek SIM. Tanggal yang terlewat itu baru ketahuan ketika saya kena tilang bulan lalu.
            Saya harus ke tempat mengurus SIM di SATPAS Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot. Tempat ini pulalah yang pernah saya datangi bertahun-tahun lalu untuk mengurus SIM. Untuk menuju tempat ini, saya menggunakan kendaraan umum. Saya naik bus transjakarta dari rumah, dilanjutkan naik angkot B02 warna merah. Naik angkot ini sebenarnya di luar rencana. Itu karena tempat yang semula saya kira sebagai SAMSAT ternyata bukan untuk mengurus SIM.
            Ketika naik angkot, saya sudah lebih dulu berpesan kepada supirnya kalau tempat yang saya tuju adalah tempat mengurus SIM. Dia menganggukkan kepalanya dan segera menjalankan mobilnya. Ketika angkot merah itu sudah dekat ke tujuan, supir itu mengingatkan penumpangnya yang berpesan tadi.
            Saya segera menyiapkan uang pas, Rp 4000. Uang itu langsung saya berikan kepada supir tak lama setelah saya berhasil membuka pintu. Tak disangka, supir itu memanggil. Dia memberikan uang kembalian Rp 1000. Uang kertas bergambar Kapitan Pattimura itu lecek sempurna, tapi itu benar-benar uang. Dengan demikian, ongkos perjalanan saya adalah Rp 3000.
            Saya mengucapkan terima kasih dengan wajah senang. Saya senang bukan karena uang super lecek berharga Rp 1000 itu, tapi karena bertemu orang yang baik dan jujur. Saat itu, harga bensin premium telah diturunkan oleh pemerintah, namun kebanyakan ongkos angkutan umum tidak turun. Ongkos angkot tetap bertahan di angka Rp 4000. Kalaupun harus membayar Rp 4000, saya juga tidak keberatan karena memang itulah yang berlaku secara umum. Semoga saja bapak supir angkot yang namanya tidak saya ketahui itu mendapatkan rezeki yang cukup bahkan berlimpah untuk kehidupannya sehari-hari. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini