Ana

Sabtu, 27 Desember 2014

Lampu Jalan Tenaga Surya




                Ketika melewati jalan trans Kalimantan, beberapa kali saya melihat lampu jalan yang menggunakan tenaga surya. Sumber tenaga yang digunakan bisa dilihat dari panel surya kecil yang dipasang di tiang lampunya. Lampu-lampu jalan ini berderet-deret terutama di daerah yang dekat dengan jembatan.
                Sayangnya, tidak sepanjang jalan ada lampu seperti ini. Daerah yang tidak dipasangi lampu jalan cukup panjang. Bayangkan saja bagaimana gelapnya di waktu malam. Bagi yang tidak terbiasa melewati jalan ini, mungkin itu akan jadi pengalaman yang menegangkan.
                Pemasangan lampu jalan bertenaga surya adalah suatu hal yang layak diapresiasi. Lampu jalan tenaga surya di Kalimantan adalah sesuatu yang tepat guna. Sinar matahari sangat melimpah di Kalimantan, gratis pula. Tinggal kita yang memanfaatkannya untuk kehidupan kita.
                Konon kabarnya, investasi untuk pembuatan lampu bertenaga surya mahal. Itu sebabnya lampu jalan bertenaga surya ini tidak dipasang di sepanjang jalan. Semoga ke depannya makin banyak yang memanfaatkan sinar surya sebagai sumber tenaga listrik. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini