Ana

Senin, 24 November 2014

Gubernur Ahok




                Hari Rabu, 19 November 2014 adalah hari yang bersejarah bagi DKI Jakarta. Hari ini gubernur DKI Jakarta dilantik oleh presiden. Suatu hal yang jarang terjadi. Biasanya yang melantik gubernur adalah Menteri Dalam Negeri. Pelantikan gubernur oleh presiden ternyata hanya terjadi 3 kali selama ini. Hanya ada 3 orang dari ratusan orang yang pernah menjadi gubernur di Republik Indonesia.
                Pelantikan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang biasa disapa Ahok itu menjadi semakin menarik karena yang melantiknya adalah temannya sendiri. Presiden Jokowi adalah gubernur yang digantikan  oleh Ahok. Dua tahun lalu, keduanya dilantik bersama-sama sebagai gubernur dan wakil gubernur. Bahkan menurut Ahok, pelantikannya ini adalah keajaiban.
                Pelantikan Ahok mengundang pro dan kontra. Kontra paling hebat dari sebuah ormas yang sering berpakaian putih. Ormas yang gemar merusak fasilitas umum ini rutin menggelar demonstrasi menentang Ahok. Alasannya, karena Ahok bukan berasal dari suku dan agama mayoritas. Yeah…hari gini masih ada aja ya yang mikir kaya gitu.
                Saya termasuk mendukung Ahok menjadi gubernur. Terus terang saya berharap gubernur sebelumnya dapat melanjutkan membangun Jakarta. Bila ternyata dia berhalangan atau tidak mampu, maka wakilnya yang harus meneruskan. Wakilnya, ya si Ahok itu.
                Pembangunan dan perbaikan Jakarta memerlukan waktu yang cukup lama, tidak bisa instan. Proses itu juga harus selalu dijaga supaya tetap mengarah pada tujuannya, tidak menjadi lahan korupsi bagi para pejabatnya. Saya mengapresiasi kedua orang yang pernah berduet memimpin Jakarta itu. Mereka telah menunjukkan komitmennya dalam beberapa tindakan.
                Setelah dilantik, masih ada juga orang-orang yang protes dengan pelantikan ini dan bertekad akan menurunkan Ahok dari jabatannya. Entah apa yang mereka perbuat. Semoga mereka mengubah pikirannya dan akan memakai waktunya untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini