Ana

Jumat, 03 Oktober 2014

Jakarta Night Market




                Jakarta Night Market sudah cukup sering digelar di Jakarta, tepatnya di Jalan Medan Selatan, di depan Balaikota Jakarta. Acara ini diadakan hari Sabtu dengan menutup 1 ruas jalan itu. Di situ didirikan tenda-tenda yang menjual aneka makanan dan barang-barang khas pasar malam. Acara yang digagas oleh Pemprov Dki jakarta ini cukup menarik bagi sebagian besar warga Jakarta yang memerlukan hiburan gratis.




                Tanggal 13 September 2014 yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk datang ke Jakarta Night Market. Kunjungan ini sebenarnya tanpa disengaja. Tujuan awal saya adalah Lebaran Betawi yang juga berlokasi di sekitar Monas. Saya menuju ke tempat ini atas petunjuk seorang petugas satpol PP.

                Di Jakarta Night Market ada panggung yang menampilkan kebudayaan Jakarta. Ketika saya tiba di situ, yang sedang tampil di panggung adalah sekelompok anak remaja yang memainkan biola dengan kagu-kagu khas Jakarta. Cukup menghibur juga melihat mereka.


                Area jualan terbagi menjadi 2 bagian di sisi kiri kanan jalan. Sisi yang mengarah ke Balaikota menjual aneka makanan. Sisi yang mengarah ke Monas menjual aneka barang bukan makanan. Barang-barnag ini cukup menarik perhatian saya karena sebagian bernuansa etnik. Sepertinya stan-stan yang di situ memang ditujukan untuk para pengrajin UKM.

                “Enggak dimahalin, Neng. Wong stannya juga enggak bayar. Gratis. Jadi kami bisa kasih harga lebih murah,” kata seorang pedagang yang harga barangnya saya tawar.

                Untuk makanan, tidak semua makanannya khas Jakarta atau Betawi. Makanannya beraneka macam jenisnya. Ada somai, sate, gudeg, roti bakar, sosis, dll. Kali itu saya beli seporsi somay sebagai pengisi perut. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini