Ana

Sabtu, 02 Agustus 2014

Ucapan Selamat Hari Raya




            Seperti di tahun-tahun sebelumnya, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi teman-teman yang merayakannya. Kali ini, saya hanya menggunakan media elektronik, dengan BBM, chating, SMS, internet, dll. Saya tidak mengirimkan kartu-kartu nama apalagi mengirim parsel kepada teman-teman.
            Ucapan selamat yang saya berikan biasa saja. Hanya berupa teks bertulisan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H. Ucapan standar berbahasa Indonesia ini memang sengaja saya pilih supaya ucapan yang saya berikan tidak disalahartikan. Sekarang lagi musim mengartikan berbeda dari apa yang sudah menjadi kebiasaan.
            Saya tahu, beberapa tahun ini berkembang fatwa yang katanya tidak layak menerima ucapan selamat dari orang yang berbeda iman. Beberapa kenalan saya juga ada yang meyakininya. Mereka tidak lagi membalas ucapan selamat yang saya dan teman-teman lain berikan. Bahkan ada seorang kenalan saya yang ujung-ujungnya tidak mau lagi mengucapkan selamat ke orang itu karena sudah tahu tidak dianggap. Kalau saya sih, tidak terlalu dimasukkan ke dalam hati. Yang penting berikan dulu. Kalau ternyata mereka tidak bisa membalasnya, sudah bukan urusan kita lagi.
            Saya sendiri cukup menghargai perbedaan keyakinan. Mengapa saya katakan cukup, karena ada juga perbedaan yang kurang bisa bahkan tidak bisa saya hargai. Misalnya keyakinan yang merendahkanmartabat manusia lain hanya berdasarkan suku atau rasnya. Keyakinan berpikiran sempit seperti ini memang sudah dihargai karena mereka sendiri yang membuat dirinya susah dihargai. (Opo tho ini?)
            Pada intinya, saya mengucapkan selamat merayakan kemenangan bagi teman-teman yang sudah berpuasa selama 1 bulan. Tentunya banyak tantangan dan halangan ketika melaksanakannya. Adalah sesuatu yang layak dihargai ketika Tuhan memampukan mereka untuk menaklukkan tantangan itu. Ucapan selamat yang saya berikan, bagi beberapa orang memang termasuk dalam basa-basi saja. Namun, di balik itu saya betul-betul mengucapkan selamat kepada orang yang berhasil menaklukkan manusia yang ada di dalam dirinya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini