Ana

Jumat, 18 Juli 2014

Salah Sangka Gencatan Senjata




            Suatu hari, sepulang dari kantor, saya menonton TV. Niatnya mau melihat berita tentang apa yang terjadi di dunia ini. Tentunya yang dicari adalah acara berita. Saya berhenti di sebuah siaran berita yang menyiarkan tentang demonstrasi di sekitar Tugu Selamat Datang, di dekat Bundaran HI, Jakarta. Demonstrasi ini untuk mengecam serangan Israel ke Gaza.
            Saya cukup tertarik melihat berita ini. Selain karena saya memang peduli dengan perdamaian dunia, saya juga cukup terkena dampak dari demonstrasi tersebut. Demonstrasi di jalan protokol kota Jakarta itu berimbas pada kemacetan di mana saya dan Mocil turut terjebak di dalamnya. Tentunya demonstrasi ini untuk mendukung perdamaian sudah lama tidak hadir di Gaza.
            Ketika mendengar sang reporter melaporkan, saya kaget. Awalnya saya pikir saya salah dengar atau dia salah ucap. Berkali-kali reporter ini mengatakan kalau tujuan demonstrasi ini adalah menghentikan gencatan senjata ke Gaza. Setelah berkali-kali mendengar, barulah saya yakin kalau saya tidak salah dengar. Reporter itu memang mengatakan kalau tujuan demonstrasi ini adalah menghentikan gencatan senjata.
            Gencatan senjata, menurut KBBI, artinya adalah penghentian tembak-tembakan. Ini pulalah yang menjadi pengertian saya selama ini. Genjatan senjata adalah penghentian menggunakan senjata. Gencatan senjata adalah tidak membalas serangan sebelumnya dengan menyerang. Gencatan senjata adalah salah satu langkah menuju perdamaian dunia.
            Ketika ada demonstrasi yang tujuannya adalah menghentikan gencatan senjata? Wah, entah apa maksudnya ya… Apakah itu artinya mendukung perang dan penyerbuan ke Gaza ini? Semoga saja si mbak reporternya yang salah bicara, salah pengertian atau salah sangka tentang pengertian gencatan senjata. Salam damai untuk dunia… {ST}

Popular Posts

Isi blog ini