Ana

Selasa, 22 Juli 2014

Orang Belanda Peminum Kopi Terbanyak di Dunia




            Ketika menonton liputan di TV tentnag kopi, saya cukup terkejut mengetahui kebiasaan minum kopi di dunia. Tadinya saya pikir juaranya adalah Amerika Serikat, negara yang membawa anek kedai kopi ke Indonesia akhir-akhir ini. Ternyata juaranya bukan itu, juaranya adalah Belanda. Ya, orang Belanda adalah orang yang minum kopi terbanyak dalam setahunnya. Rata-rata tiap orang dewasa meminum 150 liter/tahun.
            Bisa dibayangkan dari mana kebiasaan itu berasal. Secara tidak langsung, Indonesia, negeri yang dulu pernah dijajah Belanda ini malah jadi penjajahnya. Kebiasaan dan tradisi orang Belanda itu bertumbuh selama ratusan tahun penjajahan itu. Para pedagang VOC membawa hasil bumi tropis dari Indonesia untuk menjadi konsumsi orang Belanda. Hasil bumi itu tentu saja termasuk kopi, yang perkebunannya ada dari barat ke timur Indonesia.
            Diberitakan juga kalau orang-orang Belanda hanya meminum kopi hitam pekat, tanpa tambahan susu atau krim seperti yang sering ada di kedai kopi. Kopi hitam pekat ini bahkan kadang-kadang diminum tanpa gula. Dengan cara minum seperti ini, konon kabarnya kenikmatan kopi makin terasa. Kalau begini caranya, rupanay mereka memang sudah terjajah oleh rasa kopi dari bumi Nusantara. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini