Ana

Sabtu, 05 Juli 2014

Lomba Menyusui Eksklusif




            Ketika berkunjung ke Bandung ada spanduk yang menarik perhatian saya. Spanduk ini bertuliskan “Selamat datang peserta lomba menyusui eksklusif”. Spanduk yang dipasang di daerah yang masih termasuk RS Borromeus itu, dalam pemikiran saya, pasti berhubungan dengan masalah kesehatan. ASI eksklusif memang baik buat bayi, kan?

            Namun, pikiran saya tidak hanya berhenti sampai di situ. Yang namanya lomba, tentunya akan ada pemenangnya. Yang menang adalah orang yang memenuhi kriteria penilaian dengan hasil terbaik. Untuk lomba lari cepat, pemenangnya adalah orang yang berlari paling cepat. Lomba masak pemenangnya adalah orang yang masaknya cepat, enak dan tersaji dengan cantik. Lah, kalo lomba menyusui?

            Karena penasaran, saya sempat mau mampir ke tempat lomba itu. Namun hal itu tidak kesampaian. Saya, yang ke Bandung untuk menghadiri pemberkatan dan resepsi pernikahan seorang sepupu, tentu saja harus memberikan prioritas kepada acara yang sudah ada. Seperti juga kebanyakan orang di dunia ini, saya pun mencari informasinya dengan internet. Googling.

            Di website RS ini, www.rsborromeus.com, saya menemukan tata tertib lomba. Bayi minum terakhir pukul 7. Pukul 7.30 diadakan penimbangan bayi. Tidak mengganti baju/popok selama lomba berlangsung. Para pengantar menunggu di ruang tunggu. Tas/perlengkapan bayi diletakkan di tempat yang sudah disediakan. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Namun, saya tidak menemukan kriteria penilaiannya. Apakah itu banyaknya ASI yang diminum bayi? Apakah gaya ibu menyusui? Ah, jadi tambah penasaran.

            Dari sebuah situs berita yang memberitakan lomba serupa di tempat lain ada dituliskan kriteria penilaiannya. Beberapa hal yang akan dinilai adalah bagaimana ibu menaruh bayinya, letak perlekatan antara bayi dan ibu pada saat menyusui sehingga ada kenyamanan antara anak dan ibu. Juri buat lomba yang harus membuka bagian dada sang ibu ini ternyata perempuan semua. Ternyata lomba ini buat menyukseskan program Inisiasi Menyusu Dini (IMD). {ST}

Popular Posts

Isi blog ini