Ana

Sabtu, 26 Juli 2014

Bolu Pertama




                Saya bukanlah orang yang gemar membuat kue, namun bukan berarti saya tidak tahu cara membuatnya. Ada saatnya dulu, waktu masih SD, saya gemar membuat bolu. Kegemaran ini berawal dari keberhasilan pedana saya membuat seloyang kue ini.
                Saya sebenarnya tidak ingat lagi siapa yang memberi tahu resep kue bolu ke saya. Saat ini, saya bahkan tidak ingat lagi berapa campuran telur, tepung, gula dan mentega untuk membuat kue bolu. Yang saya ingat, bolu pertama saya menggunakan 10 butir telur, padahal sebenarnya 7 juga cukup, sih. Itulah awal kesalahan (atau bisa juga dibilang kesuksesan) membuat bolu.
                Seloyang bolu dengan 10 butir telur itu sukses mengembang dengan indahnya. Matangnya pun pas, tidak gosong, tidak pula mentah. Kesuksesan ini memberi saya semangat untuk membuat bolu-bolu selanjutnya. Mulai dari yang polos, berwarna sampai yang bermotif marmer. Hampir semua bolu itu sukses. Tidak ada yang bantat dan kemudian berubah nama menjadi brownies.
                Kegemaran ini makin lama makin menghilang karena kesibukan di sekolah menjelang ujian. Saya sudah tidak pernah lagi membuat bolu setelah itu. Rasa-rasanya sampai sekarang, sudah umur segini, saya sangat jarang membuat bolu. Pernah suatu kali, saya berniat membuat brownies, eh malah jadinya bolu. Itulah bolu buatan saya yang terakhir. Nanti kalau saya terpanggil untuk membaut bolu lagi, saya akan menerbitkan ceritanya di blog ini. Suatu saat nanti. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini