Ana

Jumat, 04 Juli 2014

Banyak Perang Konyol




            Perang selalu menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dulu kala. Sejarah mencatat aneka perang terjadi di bumi ini. Atau, yang dicatat hanya kejadian luar biasa seperti perang saja, jadi kejadian biasa di saat keadaan aman damai sejahtera dianggap tidak perlu dicatat dalam lembaran sejarah. Atau, mungkin juga manusia memang cenderung mengingat hal-hal yang buruk saja. Entahlah.
            Menurut saya, cukup banyak perang yang konyol. Perang yang paling konyol adalah perang kolosal seperti di film-film itu. Pada perang seperti ini ribuan pasukan saling berhadapan, berkonfrontasi. Dengan aba-aba dari sang pemimpin, mereka bergerak bersama. Gerakan bersama di awal serangan ini kemudian akan menjadi kacau balau ketika bertemu dengan pihak lawan. Banyak nyawa yang hilang sia-sia. Orang-orang yang turut berperang, kadang-kadang juga tidak terlalu mengerti alasannya apa. Mereka terbawa ke medan perang karena kewajiban sebagai warga negara atau karena hal lainnya. Apakah mereka meyakini apa yang mereka perjuangkan sampai mati? Belum tentu juga.
            Perang untuk mendapatkan kemerdekaan atau melawan penjajahan masih bisa saya terima. Perang yang ini jelas untuk memperjuangkan masa depan. Perang gerilya yang dilakukan pejuang kemerdekaan negara kita juga layak diacungi jempol. Dengan bergerilya, tidak terlalu banyak korban yang harus kehilangan nyawanya. Orang yang hidup dan meneruskan kehidupan tentunya berharga untuk masa depan yang diperjuangkan. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini