Ana

Senin, 09 Juni 2014

Rumah Makan Lie Djiong di Jogja




            Rumah makan Lie Djiong adalah sebuah rumah makan tua yang menjual makanan khas Cina (chinese food). Rumah makan yang terletak di Jl. Brigjen Katamso, Jogja ini sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Keluarga kami sudah mengenal rumah makan ini selama 3 generasi.
             Menu yang terkenal di rumah makan ini adalah kamar bola. Kamar bola adalah masakan seperti capcay yang rasanya gurih bercampur dengan kaldu ayam. Masakan burung dara di rumah makan ini juga terkenal enaknya. Ini adalah menu yang kami pesan ketika terakhir kali ke sana. Selain untuk mengisi perut yang sudah kelaparan, menu pilihan kami ini juga untuk bernostalgia.
             Selagi menunggu pesanan datang, pengunjung akan ditemani oleh “pengamen resmi” di rumah makan ini. Mengapa saya katakan resmi? Itu karena sepertinya pengamen ini memang mendapat ijin resmi dari pengelola rumah makan. Dia duduk di bagian dalam rumah makan, menempati tempat yang pasti akan dilewati pengunjung baik saat datang amupun saat keluar. Suara pengamen ini cukup bagus. Dia menyanyikan lagu-lagu lama.
            Pengamen ini cukup menghibur karena makanan yang dipesan datangnya lama. Setelah menyanyikan beberapa lagu yang kami ketahui, makanan juga tak kunjung datang. Ketika akhirnya pesanan datang, kami harus segera memakannya karena sudah ada orang lain lagi yang mengantri untuk duduk di tempat kami.

             Hampir semua makanan di sini rasanya enak. Rasanya seperti ada percampuran rasa antara masakan Tionghoa dan Jawa. Gurih manis, atau juga bisa dibilang manis gurih. Sepertinya ini adaptasi dengan budaya setempat yang memang menggemari makanan manis. Untuk harganya, berkisar antara Rp. 30.000 – Rp. 50.000 per menunya. Harga yang tidak terlalu mahal untuk ukuran Jakarta, namun kemahalan untuk ukuran Jogja. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini