Ana

Selasa, 17 Juni 2014

Jeruk Kuning akan Kembali Hijau Kalau Tidak Dipetik




            Ketika bertemu dengan seorang petani jeruk, saya baru tahu sebuah rahasia. Rahasia tentang jeruk ini agak mengubah pandangan saya tentang cara memilih jeruk. Rahasianya adalah jeruk yang sudah menguning kalau tidak dipetik maka akan kembali lagi menjadi hijau.
            Awalnya, saya memilih jeruk dari warna kuningnya. Jeruk sunkist, lokam, ponkam, dll, yang sering saya beli dulumemang terkenal karena warna kuningnya yang menyegarkan mata. Namun, ada beberapa jenis jeruk lain yang warna kuningnya tercampur dengan hijau. Jeruk dari Kalimantan dan Sumatra misalnya. Jeruk-jeruk jenis ini warnanya kuning bercampur hijau. Warna kuning tidak pernah terlihat rata di permukaannya.
            Tergiur oleh warna kuningnya, saya selalu memilih jeruk yang banyak warna kuningnya. Saya berpikir kalau jeruk yang warnanya kuning artinya sudah matang, cukup manis untuk dimakan. Ternyata buah jeruk yang matang tidak selalu berwarna kuning.
            Ketika berada di kebunjeruk itu, saya mencoba menebak buah mana saja yang sudah matang. Beberapa tebakan saya ada yang benar. Ada juga yang salah. Yang jelas, saya menebak buah-buah yang terlihat cukup besar walaupun warnanya hijau.
            Sang petani jeruk, mungkin karena telah terbiasa, sudah tahu maan jeruk yang sudah matang dan mana yang tidak. Dia kesulitan untuk menjelaskan bagaimana ciri-cirinya. Dia hanya tahu kalau dia tahu. Pengetahuan seperti ini memang perlu pengalaman. Pengalaman saya yang lebih sering berada di Kebon Jeruk tanpa jeruk tampaknya kurang membantu.
            Kalau saya teliti dan coba merangkum, buah jeruk yang sudah matang itu bentuknya lebih besar dibandingkan dengan yang masih bertumbuh, kulitnya ada semburat warna kuning, kulitnya terlihat lebih tipis bila dibandingkan dengan jeruk yang muda. Mungkin masih ada ciri lainnya yang termasuk dalam bagian “tidak bisa dijelaskan” itu. Suatu saat nanti, kalau saya sudah tahu dengan pasti, saya akan menuliskannya di blog ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini