Ana

Jumat, 04 Oktober 2013

Pedialyte, Cairan Oralit untuk Bayi




            Ketika terkena diare atau muntah-muntah, tubuh sering menjadi kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk meminum oralit. Cairan yang berasal dari ramuan air putih, gula dan garam ini menjadi andalan untuk mengembalikan keseimbangan cairan dan ion di dalam tubuh.
            Saat saya kecil dulu, yang namanya oralit, ya, seperti disebutkan tadi itu, air putih, gula dan garam yang diaduk menjadi satu. Oralit ini lebih sering dibuat sendiri saat sedang diperlukan. Kalau tidak diperlukan? Benda-benda itu akan menghuni rak dapur dengan tenang untuk kemudian digunakan sebagai bumbu.
            Lama-lama, sudah ada pihak yang mengemas oralit ke dalam kemasan yang praktis dalam sachet. Bila mau digunakan, tinggal dituang ke air putih dan diaduk-aduk. Praktis dan racikannya tepat, tidak keasinan atau kemanisan.

            Makin ke sini, oralit juga ada yang dikemas sudah dalam bentuk cairan. Saya sudah beberapa kali meminumnya untuk membantu mengurangi kekurangan cairan. Cairan itu benar-benar terasa segar ketika tubuh kita benar-benar kekeringan. Rasa segar langsung terasa tak lama setelah meneguk cairan itu.
            Ketika sudah pulih dan cukup sehat untuk mengamati, saya baru menyadari kalau gambar yang ada di kemasan botolnya adalah gambar boneka beruang yang lucu. Gambar yang sangat kekanak-kanakan. Rupanya cairan ini memang lebih banyak digunakan untuk anak-anak yang mengalami dehidrasi karena diare.
            Cairan oralit dalam kemasan ini merknya Pedialyte. Biasanya dijual di apotek, dengan harga sekitar Rp. 20 ribuan untuk kemasan 500 ml. Di blog ini sengaja saya tampilkan fotonya untuk mengingatkan saya sendiri bila kelak memerlukan informasi cairan yang berharga ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini