Ana

Kamis, 28 Juni 2012

Cabe Puyang Ternyata Gak Pedas, Lho…..



            Cabe puyang telah lama dikenal khasiatnya di Nusantara tercinta ini. Khasiatnya sebagai penghangat tubuh juga menjadikannya salah satu bahan jamu dan obat tradisional. Coba saja tanyakan semua penjual jamu, pasti mempunyai jamu cabe puyang di daftar dagangannya.
            Cabe selalu mengingatkan kita pada yang pedas. Begitu pula cabe puyang ini. Dalam bayangan saya waktu kecil dulu, cabe puyang pastilah cabe yang super pedas mengingat khasiatnya bisa menghangatkan seluruh badan. Ternyata saya salah, cabe puyang tidak pedas.
            Cabe puyang berbentuk seperti cabe. Bedanya di badan buah ada titik-titik kecil yang mmebuat cabe puyang lebih bertekstur dibandingkan dengan cabe biasa. Seperti juga cabe pada umumnya, sewaktu muda cabe ini berwarna hijau. Warna nya berubah merah ketika makin matang.
            Cabe puyang turut menjadi penghuni halaman rumah kami. Bibitnya diberikan oleh pakde saya. Cabe ini tumbuh subur dan sering berbuah. Buahnya tentu saja menghasilkan kehangatan bagi rumah kami dan juga bagi beberapa tamu yang datang. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini